Beranda | Artikel
Membaca Surah Al-Mulk Sebelum Tidur
Selasa, 14 Juni 2022

Bersama Pemateri :
Ustadz Abdullah Zaen

Membaca Surah Al-Mulk Sebelum Tidur merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Fiqih Doa dan Dzikir yang disampaikan oleh Ustadz Abdullah Zaen, M.A. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Senin, 13 Dzul Qa’dah 1443 H / 13 Juni 2022 M.

Kajian Tentang Membaca Surah Al-Mulk Sebelum Tidur

Surah Al-Mulk ini adalah salah satu surah yang dianjurkan untuk dibaca sebelum tidur. Karena Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam setiap akan tidur, beliau membaca surah ini.

Apa landasan dalil yang menunjukkan bahwa surah Al-Mulk ini perlu dibaca sebelum tidur? Ini penting untuk disampaikan agar kita tidak mengarang fadhilah bacaan tertentu. Karena yang berhak untuk menentukan waktu yang dianjurkan untuk membaca bacaan tertentu beserta fadhilahnya adalah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam berdasarkan wahyu dari Allah ‘Azza wa Jalla.

Jadi ketika kita akan mengkhususkan bacaan tertentu, pada waktu tertentu, dan dengan keutamaan tertentu, maka harus jelas landasan dalilnya.

Dalil landasan membaca surah Al-Mulk sebelum tidur adalah apa yang disampaikan oleh sahabatnya Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam yang bernama Jabir Radhiyallahu ‘Anhu, beliau berkata:

كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا يَنَامُ حَتَّى يَقْرَأَ {الم تَنْزِيلُ السَّجْدَة}، وَ {تَبَارَكَ الَّذِي بِيَدِهِ الْمُلْك}.

“Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam kebiasaannya tidak akan tidur dimalam hari kecuali setelah membaca: (1) Alif laam miim tanziil as-Sajdah, dan (2) Tabaarakalladzii biyadihil mulku.” (HR. Ahmad dan dinyatakan shahih oleh Imam Al-Hakim, Adz-Dzahabi dan Al-Albani Rahimahumullah)

Kandungan surah Al-Mulk

Al-Mulk bisa berarti kekuasaan atau bisa kerajaan. Yang lebih umum adalah kekuasaan. Karena kerajaan itu juga menunjukkan adanya kekuasaan. Berarti kandungan yang akan kita dapatkan di dalam surah ini adalah penjelasan mengenai kekuasaan Allah.

Kekuasaan Allah perlu dibahas agar kita bisa menyadari betapa luas dan mutlaknya kekuasaan Allah. Kalau kita sudah menyadari itu maka mudah-mudahan kita akan nurut kepada Sang Penguasa mutlak alam semesta, yaitu Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Adanya orang yang meremehkan perintah Allah, meremehkan larangan Allah, tidak peduli dengan aturan Allah, salah satu penyebabnya adalah karena dia tidak menyadari betapa besarnya kekuasaan Allah. Banyak orang lebih takut dimarahi komandan daripada dimarahi Allah. Banyak orang lebih takut dimarahi majikan daripada dimarahi Allah.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajiannya. Download juga mp3 bacaan dzikir pagi dan petang.

Download mp3 Kajian Membaca Surah Al-Mulk Sebelum Tidur


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/51796-membaca-surah-al-mulk-sebelum-tidur/